Cara Membagi / Membatasi Bandwidth WiFi, Menggunakan Software



Mungkin dari Anda baru saja terdaftar dari layanan internet atau ISP dari Telkom yaitu Indihome dan telah kita ketahui mulai dari bulan februari 2016 Indihome tidak unlimited lagi. karena alasan para pengguna sangat boros bandwidth jadi bisa merugikan pengguna lain.

Jika batas bandwidth sudah habis maka kecepatan internet akan menurun misalnya, Paket Indihome 10Mbps memiliki FUP sebesar 300GB jika sudah melebihi yang disediakan akan dikurangi kecepatan 25% kemudian lebih dari 400GB dikurangi 45%.

Jadi Anda harus menghemat kuota sesuai kebutuhan Anda, dan kami akan membantu masalah tersebut menggunakan software untuk membatasi atau membagi bandwidth sesuai keingan.

Caranya sangat mudah tidak seperti software pembagi bandwidth lainnya seperti p2pover banyak yang harus di atur bahkan malah tidak berfungsi, tetapi berbeda software yang saya gunakan kali ini yaitu SelfishNet walaupun masih beta tapi sangat fungsional dan mudah digunakan hanya cukup pilih IP-Address sebagai tergetnya.

Tested:
OS Windows 10 64Bit

File yang harus Anda download:

Tutorial:

  1. Setelah keduanya sudah terdownload, pertama instal terlebih dahulu drivernya
  2. Kemudian ekstrak SelfishNet, buka folder tersebut cari file SelfishNetv0.2-beta_vista selanjutnya klik kanan pilih Run as Administrator 
  3. Setelah masuk ke software tersebut, klik OK 
  4. Pada menu utama, klik Petir(Start redirecting-spoofing) > Klik Network Discovery agar IP Address perangkat yang terhubung muncul)
  5. Sekarang atur bandwidth sesuai yang Anda inginkan, isi angka pada kolom Download Cap untuk mengatur kecepaan download dan upload cap untuk upload, jika sudah diatur tekan Enter pada kolom tersebut dan otomatis terbatasi.
  6. Terakhir cek pada perangkat yang di atur apa speed nya udah berkurang?
Catatan:
  • Anda juga bisa memblokir koneksi internet lho dengan menceklis Block  pada aplikasi SelfishNet
  • Ketik 0 jika ingin seperti semula
  • Mengatur bandwidth dimulai dengan KBps bukan Kbps

Kelebihan dan kekurangan software pembagi bandwitdh:

+Mudah digunakan
+Yang menginstal aplikasi tersebut menjadi kuasanya
-Saat PC/Laptop dimatikan otomatis bandwidth sudah tidak diatur lagi.


Tapi menurut kami sangat direkomendasikan menggunakan wireless router, karena lebih leluasa lagi dan banyak fitur yang tidak dimilki pada software atau walaupun pc/laptop dalam keadaan mati bandwidth tetap sesuai yang diatur. Dengan begitu hanya ini informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan tulis dikolom komentar.


Sumber http://www.faktautama.com

http://murkidi.blogspot.co.id/2016/09/cara-membatasi-bandwidth-di-lan-pada.html

Komentar

Postingan Populer